Jasa Akta Perjanjian Jual Beli/Sewa Tanah Pekanbaru

Dalam perkara jual beli properti, terutama tanah, aspek kehati-hatian menjadi hal yang begitu penting. Pasalnya, selain nominal yang tinggi, ada risiko sengketa yang mungkin terjadi setelah proses jual beli. Oleh karenanya, menggunakan jasa pembuatan akta perjanjian jual beli/sewa tanah Pekan Baru menjadi hal yang perlu untuk melancarkan transaksi.

Nah, apakah Anda pernah mendengar tentang akta penjanjian jual beli atau sewa tanah sebelumnya?

Seperti namanya, akta tersebut adalah dokumen yang dibuat oleh notaris sebagai pelengkap dalam transaksi yang legal. Dokumen tersebut dibuat untuk mencegah terjadinya sengketa atau masalah lain dalam proses jual beli atau sewa tanah yang dilakukan.

Perlu diketahui, surat ini tidak hanya berisi tentang detail tanah yang akan menjadi objek transaksi, tetapi juga berisi kesepakatan antara kedua belah pihak. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam hal terkait akta tersebut. Bagaimana detail akta tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Akta Perjanjian Jual Beli atau Sewa Tanah

Secara singkat, akta perjanjian jual beli/sewa tanah adalah surat atau dokumen yang mengatur serta menjamin detail transaksi yang dilakukan oleh pemilik tanah dan pembeli atau penyewa. Dokumen ini berisi tentang detail tanah yang menjadi objek transaksi serta hak dan kewajiban dari kedua belah pihak yang sifatnya mengikat.

Dalam hal ini, akta perjanjian jual beli/sewa tanah dibuat serta ditandatangani di atas materai oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, maka akan ada dua rangkap akta yang dimiliki masing-masing pihak. Selain itu, karena menggunakan materai, maka surat ini memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Fungsi Akta Perjanjian Jual Beli atau Sewa Tanah

Tentu saja, akta perjanjian jual beli/sewa tanah memiliki fungsi penting yang menjadi alasan kenapa dokumen ini harus dibuat. Secara umum, fungsi utama dari akta ini adalah pengikat kedua pihak yang terlibat dalam transaksi dengan beberapa ketentuan mengenai hak dan kewajibannya.

Namun, secara lebih lengkap, ada beberapa fungsi lain dari akta perjanjian jual beli/sewa tanah yang juga harus diketahui. Beberapa fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjadi acuan mengenai detail batas serta kewajiban antara dua pihak yang terlibat dalam transaksi
  • Sarana untuk menciptakan rasa aman dan tenang dalam rangkaian transaksi yang dilakukan
  • Alat untuk mencegah terjadinya perselisihan yang mungkin muncul di kemudian hari
  • Referensi utama untuk menyelesaikan perselisihan antara dua pihak yang terlibat dalam transaksi
  • Sebagai bukti yang sah untuk melayangkan gugatan kepada pihak berwenang jika terjadi kesalahan atau pelanggaran dari kesepakatan awal.

Syarat Sah Akta Perjanjian Jual Beli atau Sewa Tanah

Ada beberapa syarat sah terkait pembuatan akta perjanjian jual beli/sewa tanah yang harus menjadi perhatian khusus. Syarat ini tentu saja harus dipenuhi agar dokumen yang dibuat tidak hanya legal, tetapi juga sah di mata hukum.

Beberapa syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kesepakatan yang mengikat antara dua belah pihak tanpa didasari keterpaksaan
  • Kecukupan untuk membuat sebuah ikatan, seperti usia yang sudah dewasa atau lainnya
  • Terdapat objek –dalam hal ini tanah, yang menjadi materi pokok dari transaksi dan perjanjian
  • Perjanjian tidak didasari oleh keterangan yang palsu atau berita bohong mengenai objek tanah.

Demikian beberapa ulasan tentang akta perjanjian jual beli/sewa tanah yang harus Anda ketahui sebelum membuatnya. Tentu, untuk membuat dokumen ini, Anda perlu mencari jasa pembuatan akta perjanjian jual beli/sewa tanah Pekan Baru yang terpercaya. Carilah referensi notaris yang menyediakan layanan lengkap dan siap membantu Anda dari awal hingga akhir.

 

Jasa Akta Perjanjian Jual Beli/Sewa Tanah Pekanbaru

Kontak WA/Telp ☎ 0822-5839-2263 (Pak Mardiantino)