Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati

Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati – Sumber protein yang sehat harus dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi harian. Protein membantu tubuh melakukan banyak fungsi penting dan menjaga massa otot. Sebagian besar protein berasal dari produk hewani seperti daging, susu, ayam, dan telur. Namun jika Anda memang tidak suka mengonsumsi produk hewani, Anda bisa mencoba mengonsumsi berbagai makanan nabati yang juga tinggi protein. Selain itu, makanan seperti ini menjadi andalan para vegetarian demi memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan tubuh.

Berbagai jenis legum berprotein tinggi antara lain kacang hitam, pintos, dan cannellini. Mereka sering ditambahkan ke burger, sup, casserole, salad, taco, dan saus. Legum ini adalah makanan murah dan serbaguna yang tinggi protein dan serat.

Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati

Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati

Kacang ini perlu direbus terlebih dahulu, tetapi kacang kalengan sekarang tersedia, membuat penggunaannya praktis. 130 gram kacang-kacangan mengandung 10 gram protein, 150 kalori, 10 gram nutrisi, dan sisanya adalah lemak, karbohidrat, gula, natrium, kalsium, dan zat besi. Profil nutrisi ini didasarkan pada satu porsi kacang hitam kalengan. Berikut adalah jenis kacang lainnya.

Bisa Untuk Menu Diet, Ini 9 Makanan Nabati Yang Mengandung Protein Tinggi

Edamame adalah kacang kedelai yang bijinya masih dalam polong. Kacang ini masih muda dan dikenal sebagai kacang kedelai dari Jepang. Edamame banyak digemari sebagai camilan sehat dan bisa disajikan dengan hidangan lainnya. Ada banyak jenis edamame yang tersedia saat ini, namun pilihlah varietas kedelai organik yang tinggi protein dan bebas pestisida. Kandungan protein nabati dari 80 gram edamame matang adalah 18 gram.

Lentil adalah biji yang berasal dari keluarga kacang-kacangan dan merupakan jenis tanaman perdu. Pilih sayuran hijau atau cokelat sebagai makanan hambar untuk mendapatkan kandungan protein tinggi dari lentil. Selain protein, lentil sering digunakan sebagai bahan makanan dalam pembuatan burger vegetarian dan saus, karena rendah kalori dan kaya serat. Ini memastikan bahwa lensa dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol. Secara spesifik, 40 gram biji lentil menghasilkan 9 gram protein nabati.

Buncis, atau buncis, berasal dari Mediterania dan saat ini dibudidayakan di Timur Tengah. Buncis mengandung serat paling banyak yang membuatnya sehat. Buncis umumnya digunakan dengan cara dioleskan di atas roti hummus, bukan mayones berminyak. 100 gram buncis mengandung 19 gram protein setelah dimasak selama kurang lebih 30 menit. Anda dapat dengan mudah membeli buncis dari berbagai toko online dan buncis unggulan kualitas terbaik dari Cairo Food.

Kacang mete berasal dari kacang mete atau lebih dikenal dengan kacang mete. Selain kalori, kacang mete juga tinggi karbohidrat, lemak, serat, vitamin, mineral, zat besi dan protein. Banyak yang percaya bahwa kacang mete dapat meningkatkan kesehatan jantung, kepadatan tulang, dan melindungi kesehatan mata. Terdapat 16,3 gram protein dalam 100 gram kacang mete. Namun, konsumsi jambu mete secara berlebihan tidak dianjurkan. Selain fakta bahwa kacang mete dapat menyebabkan alergi, kacang mete mengandung sekitar 50 gram lemak dalam hal profil nutrisinya, yang secara alami menakjubkan.

Makanan Sumber Protein Hewani Untuk Cegah Stunting

Almond banyak disukai karena rasanya yang enak, sehingga sering dijadikan makanan ringan. Kebanyakan almond dipanggang dan diproses. Itu bisa dimakan sendiri atau ditambahkan ke sereal sehat. Karena kacang almond rendah kalori, rendah lemak dan tinggi protein, aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol, obesitas dan hipertensi. Almond juga mengandung lemak sehat, antioksidan dan indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya. Anda dapat memenuhi kebutuhan protein sebesar 20 gram dalam 100 gram almond panggang.

Kacang hijau umumnya ditanam di Asia Timur dan Asia Tenggara. Kacang jenis ini biasa digunakan untuk membuat bubur dan olahan makanan manis. Dibandingkan kedelai, kacang hijau cenderung lebih tinggi nilai gizinya, terutama protein. Misalnya, 100 gram kacang hijau mentah menyediakan 24 gram protein. Kacang hijau tidak hanya enak, tetapi juga sangat baik untuk mencegah cacat lahir karena kandungan asam folatnya yang tinggi, yang memenuhi 80 persen kebutuhan asam folat harian.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang 50 Ribu Perhari

Sereal adalah makanan yang dikenal dengan kandungan protein nabati yang tinggi. Protein dalam biji-bijian utuh tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga membantu pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein yang terdapat pada biji-bijian utuh cocok dikonsumsi untuk mencegah peradangan, menyalurkan oksigen dan mengurangi pembekuan darah.

Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati

Meski ukurannya kecil, biji chia mengandung banyak protein. Sepintas, biji chia mirip dengan biji selasih. Namun kedua tanaman tersebut berbeda karena chia seed sebenarnya merupakan tanaman satu famili dengan tanaman mint. Meski lebih populer karena kandungan omega 3 dan kandungan seratnya yang tinggi, biji chia merupakan sumber protein nabati.

Protein Hewani Vs Protein Nabati, Manakah Yang Lebih Baik?

Satu porsi biji chia seberat 28 gram mengandung 4 gram protein. Ini adalah jumlah yang besar dan sama dengan 2 sendok makan. Biji chia biasanya dikonsumsi langsung sebagai camilan atau dengan oatmeal, nasi, yogurt, atau salad sayuran.

Freekeh merupakan gandum yang dipanen lebih awal, sehingga bijinya masih hijau dan teksturnya lebih lembut. Freekeh dikeringkan, dipanggang, dan digosok. Ini adalah biji-bijian yang menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan Timur Tengah. Freekeh dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah. Freekeh biasanya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet.

Butir hijau ini mengandung serat tiga kali lebih banyak dan protein dua kali lebih banyak daripada nasi putih. Setara dengan protein quinoa. 46 gram freekeh, atau seperempat dari porsi yang disarankan, mengandung 7 gram protein. Freekeh dapat dibeli utuh atau dibelah lalu dimasak dan dicampur dalam masakan Mediterania Timur dan Afrika Utara. Makanan yang sering disalahartikan sebagai freekeh adalah salad dan nasi.

Quinoa adalah apa yang disebut biji-bijian, artinya bukan biji-bijian seperti kedelai atau kacang-kacangan, melainkan makanan pokok yang dimasak seperti nasi. Namun, quinoa bukanlah benih yang dihasilkan dari biji-bijian. Seperti amaranth (biji bayam), daun quinoa juga bisa dimakan sebagai sayuran.

Kamu Seorang Vegan? Penuhi Proteinmu Dengan 5 Makanan Ini!

Quinoa adalah makanan pokok masyarakat India yang tinggal di Pegunungan Andes Amerika Selatan. Quinoa rasanya seperti kacang, tetapi perlu dibilas dengan baik sebelum dimasak untuk menghilangkan lapisan pelindung yang dapat menimbulkan rasa pahit. 43 gram quinoa mengandung 6 gram protein dan 27 gram karbohidrat. Oleh karena itu, quinoa bisa menjadi makanan pokok yang baik untuk kesehatan.

Ada banyak jenis sayuran yang mengandung protein dalam jumlah tinggi. Mengkonsumsi sayuran ini mengoordinasikan fungsi sel dan jaringan dalam tubuh. Selain itu, sudah bukan rahasia lagi bahwa sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Bayam mungkin paling dikenal sebagai sayuran yang mengandung banyak zat besi. Hal ini membuat bayam cocok dikonsumsi bagi penderita defisiensi hemoglobin. Namun siapa sangka ternyata bayam juga mengandung protein yang menyehatkan? 1 porsi bayam mengandung 30 persen protein dari kalori nabati. Artinya, Anda mendapatkan 1 gram protein untuk setiap 30 gram bayam segar. Hal ini membuat bayam dikenal sebagai sayuran hijau yang padat nutrisi.

Bahan Makanan Yang Merupakan Sumber Protein Nabati

Brokoli merupakan sayuran hijau yang dapat dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, digoreng atau dijadikan campuran sup. Warnanya yang hijau segar seolah menandakan bahwa brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai nutrisi dalam sayuran ini antara lain serat, karbohidrat kompleks, air, mineral, vitamin dan protein. Setiap 91 gram brokoli segar (mentah) mengandung 2,6 gram protein. Ini mengandung semua asam amino esensial yang penting untuk kesehatan jantung, keseimbangan hormon dan enzim, pencegahan rambut rontok, daya tahan dan daya ingat.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Pesan Yang Sudah Di Hapus

Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi, Baik Untuk Kesehatan

Kubis mungkin bukan sayuran favorit kebanyakan orang, karena cenderung hambar. Namun, kangkung atau kol sebenarnya kaya akan nutrisi. Kandungan protein kubis lebih tinggi dari sayuran lainnya. Ada 2 gram protein dalam 35 gram kol. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kubis mengandung potasium dan vitamin K yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh, membentuk otot, dan membangun protein dalam tubuh. Kubis sering digunakan sebagai campuran sup, tumisan atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Jumlah protein pada kentang sebenarnya normal karena sebagian besar kandungan gizi kentang terdiri dari karbohidrat. Misalnya, 100 gram kentang rebus mengandung sekitar 2 gram protein. Meski jumlahnya relatif kecil, protein dalam kentang ini adalah protein nabati berkualitas tinggi. Ini karena protein kentang mudah diserap tubuh dan mengandung asam amino yang penting untuk meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan jantung.

Produk olahan mengacu pada bahan pangan nabati yang merupakan sumber protein tinggi yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Produk ini masih berupa makanan setengah jadi, sehingga harus melalui proses pemasakan seperti oatmeal sebelum dapat dikonsumsi.

Oatmeal yang lebih dikenal dengan sebutan oatmeal banyak digunakan sebagai menu sarapan sehat. Oatmeal adalah tepung kasar yang terbuat dari menir gandum. Saat ini tersedia dalam berbagai jenis pengolahan seperti oatmeal, oat potong baja dan oat gulung. Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan ini merupakan sumber protein tinggi untuk nutrisi sehari-hari. Misalnya, 100 gram oatmeal mengandung 24 gram protein. Selain kandungan proteinnya yang mendorong pertumbuhan, oatmeal juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga menunda rasa lapar dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

Protein nabati sudah tersedia dalam produk kedelai, salah satunya adalah

Sebutkan sumber bahan makanan yang mengandung protein nabati dan hewani, yang bukan merupakan sumber protein nabati, makanan yang merupakan sumber protein nabati adalah, sumber makanan protein nabati, bahan makanan berikut yang tergolong sumber protein nabati adalah kecuali, bahan makanan berikut merupakan sumber protein nabati, merupakan sumber protein nabati, contoh sumber makanan yang mengandung protein nabati, yang merupakan sumber protein nabati adalah, makanan yang merupakan sumber protein hewani, jenis makanan yang merupakan sumber protein adalah, bukan merupakan sumber protein nabati


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *